Press Release “Prodi KPI UIN Jogja Raih Akreditasi A Berturut-Turut”

Yogyakarta, 13/5 – Program Studi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapatkan predikat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No. 2802/SK/BAN-PT/Ak.PPJ/S/V/2020 tertanggal, 5 Mei 2020.

 

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Nurjannah, M.Si yang dikonfirmasi merasa bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya, sehingga Prodi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam bisa meraih predikat Akreditasi A yang sangat memuaskan. “Predikat Akreditasi A bagi Prodi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam ini merupakan yang keempat kalinya setelah diraih secara berturut-turut sejak tahun 2008”, imbuhnya.

 

Sementara itu Ketua Prodi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Musthofa, M.Si mengatakan hasil akreditasi ini merupakan kerja keras dari pimpinan, dosen, staf tendik, mahasiswa dan alumni yang saling kerjasama mempersiapkan secara matang setahun sebelum re-akreditasi sehingga hasil Akreditasi A kembali bertahan diposisinya. Selain itu, Musthofa menambahkan bahwa dengan Akreditasi A empat kali berurut-turut ini telah membuktikan Prodi KPI FDK UIN Sunan Kalijaga dengan peminatan Broadcasting dan Jurnalistik, telah diterima bagi pengguna alumninya yang terserap dan tersebar diberbagai lapangan pekerjaan. “Bahkan Prodi KPI dalam penerimaan  mahasiswa baru di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selalu menempati tiga besar peminat terbanyak dibanding prodi-prodi lain”, tuturnya.

 

Untuk itu kami berharap ke depan, akan lebih baik lagi, dengan mengevaluasi seluruh kegiatan harus berbasis output dan outcome. “Dengan adanya predikat ini, maka diharapkan bisa menopang peningkatan keberadaan Program Magister S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah dibuka sejak 2016 serta tidak menutup kemungkinan kami akan membuka kelas Internasional dan Program Doktor S3 Komunikasi dan  Penyiaran Islam”, ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (DPP. ASKOPIS) PTKIN-PTKIS se-Indonesia yang juga Dosen Tetap Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Mohammad Zamroni ikut bersyukur dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada civitas akademika Prodi KPI ini yang terus melakukan penguatan distingsi keilmuan dan kelembagaan sehingga selalu meraih Akreditasi A empat kali berturut-turut. Hal ini semakin menguatkan 250 lebih Prodi KPI baik negeri/swasta di seluruh Indonesia untuk berkontribusi mencerdaskan bangsa serta menandakan semakin kuatnya animo masyarakat memilih Prodi KPI sebagai prodi yang memiliki lulusan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

 

Lebih lanjut, Mohammad Zamroni menambahkan bahwa penting kiranya Akreditasi Prodi dipertahankan mengingat akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu

 

eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat. “Dengan hasil akreditasi ini tentunya akan memberi dampak positif bagi institusi, dosen, mahasiswa, dan masyarakat”, pungkasnya. (MZ).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *